02/05/10

penampakan bulan di siang hari

Akhir-akhir bulan lalu, orang dibingungkan dengan ketidakmunculan bulan. Sekarang, orang dibingungkan dengan bulan yang bisa terlihat di siang hari.Beberapa hari lalu, bulan penuh-sangat terang muncul tampak dekat dan besar di horison timur pada waktu matahari tenggelam. Tetapi malam setelahnya terlihat akan segera hilang. Tidak berapa lama di waktu sore hari muncul kembali di timur.
Lalu apa yang terjadi dengan permainan astronomi petak umpet bulan itu?.

Bulan sebenarnya bergerak seiring dengn orbit di sekitar bumi. Hal tersebut berpengaruh terhadap kemunculan bulan lebih lambat hampir 50 menit tiap malam selanjutnya.Kunci untuk mengobservasi bulan, jika tidak ingin mengawasi sepanjang malam adalah dengan melihat saat pertama kali muncul di pagi hari. Ukuran bulan sangat baik diobservasi setelah matahari terbit, yakni di langit pagi hari. Bulan nampak di langit bagian selatan jika dilihat di belahan bumi utara.

Beberapa orang juga bisa bingung karena bulan bisa terlihat di siang hari. Matahari bersinar sepanjang hari, dan bulan seharusnya bersinar di malam hari kan?. Hampir setiap hari di tiap bulan tahunan, bulan menghabiskan sekitar separuh waktunya di langit pada siang hari. Satu pengecualian hanya satu malam ketika bulan purnama berlangsung. Malam itulah ketika bulan berlawanan secara pasti dengan matahari di langit. Salah satu kesalahan konsep dari astronomi terbesar adalah bulan bertolak belakang lurus dengan matahari di angkasa. Padahal dalam kenyataannya, bulan dan matahari dalam posisi seperti itu hanya sekali dalam satu perputaran bulan.

Peristiwa itu hanya terjadi saat bulan purnama, atau 180 derajat dari matahari. Sisanya posisi bisa antara 0 hingga 180 derajat. Saat bulan purnama posisinya tepat saling bertolak belakang. Ini berarti bulan terbit saat matahari tenggelam dan sebaliknya. Sementara ada dua hal yang menyebabkan bulan bisa dilihat saat siang hari. Pertama cahaya bulan cukup terang untuk menembus langit biru kita. Hal itu sama saja seperti peluang melihat planet Merkurius, Venus dan Yupiter saat siang hari dengan menggunakan teleskop. Sedangkan kemungkinan kedua bulan cukup tinggi di langit sehingga bisa terlihat. Akibat rotasi bumi, bulan di atas horizon sekitar 12 jam setiap 24 jam. Karena 12 jam ini tidak selalu 12 jam siang hari sehingga ada peluang untuk melihat bulan di siang hari rata-rata selam 6 jam.

0 komentar:

Posting Komentar